Pages

Thursday, March 8, 2012

Bagaimana Kita Bisa Terhubung dengan Internet??

Langsung aja, disini saya akan menjelaskan cara bagaimana kita dapat terhubung ke internet,,

Hal paling minimal yang harus kita miliki adalah ;
  • Saluran komunikasi misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Dial-up Connection (± 40 Kbps), atau saluran lain misalnya Satelit.
  • ISP (Internet Service Provider), untuk akses yang memadahi disarankan memilih ISP yang memiliki bandwidth terbesar, dan memiliki dua account dari ISP yang berbeda, dengan maksud untuk ISP backup

Penyambungan yang biasa kita lakukan biasa disebut dengan dial - up connection yaitu dengan sambung dari telepon yang kita gunakan. Untuk dapat terkoneksi kita juga membutuhkan modem dial -up dan ISP.
fungsi modem adalah menjembatani hubungan komputer dengan saluran telepon agar data dari komputer dapat melewati saluran telepon. Sedangkan ISP berfungsi sebagai provider yang dapat menghubungkan komputer ke Internet.



Jaringan lokal dihubungkan ke Internet melalui sebuah saluran komunikasi yang terkait di modem pada Server (atau komputer PC biasa yang difungsikan untuk Server), akses ke Internet tersebut dibagi menjadi beberapa jalur melalui hub ke beberapa Client.

1. Alat dan Bahan
 

Perlengkapan perangkat keras sambungan Internet dengan menggunakan dial-up Connection,adalah ;

  • Saluran telpon 1 buah
  • Account dari ISP (Internet Service Provider )/telkomnet instant

Data dari ISP minimal yang harus diketahui adalah :Nama Acount : misalnya telkomnet@instanPassword : misalnya telkomPrimary DNS : misalnya 202.134.0.155Secondary DNS : misalnya 202.134.2.5Nomor Telp. Dial : misalnya 080989999

  • Modem 1 buah
  • Komputer 1 buah
Langkah kerjanya 

a. Pasang modem (internal atau external) pada komputer. Instalasi driver modem lewat Add New Hardware Wizard (Gambar 2) dan klik Next sampai akhirnya Finish.
 



b. Jika instalasi modem selesai, selanjutnya lakukan setting DNS pada TCP/IP Dial-Up Adapter. Buka Control Panel – Network – pilih TCP/IP Dial-Up Adapter



c. Biasanya komputer minta konfirmasi untuk restart. Setelah restart buat tool untuk koneksi ke Internet melalui Start – Program – Accessories – Communications – Dial-Up Networking – Make New Connection (Gambar 3)



d. Beri nama Tool koneksinya misal “Koneksi ke Internet” (Gambar 4)

 

e. Masukkan nomor telepon dial data dari dari ISP, misalnya nomor telepon dial-nya 080989999 (Gambar 5).



f. Klik Finish (Gambar 6).

 


g. Memasukkan data DNS ISP melalui: Start – Program – Accessories – Communication – Dial-Up Networking. Klik kanan pada tool koneksi Internet yang baru saja dibuat (Gambar 3).



h. Pilih tab Server Type (Gambar 7).



i. Pilih tombol TCP/IP Setting (Gambar 8)



j. Masukkan data DNS dari ISP (Gambar 9).



k. Komputer siap digunakan koneksi ke Internet dengan mengklik ganda pada tool koneksi yang baru saja dibuat. Melalui Start – Program – Accessories – Communications - Dial-Up Networking – klik ganda Koneksi ke Internet, kemudian masukkan User Name dan Password dari ISP (Gambar 10)  

  

l .Jika koneksi berhasil, maka komputer siap digunakan untuk browsing


pastikan software untuk browsing telah terinstall pada pc anda, namun jika tidak ada kita masih bisa menggunakan IE pada windows, software lain yang dapat digunakan untuk browsing antara lain :
  • mozilla firefox
  • safari
  • google chrome
  • opera 
dan masih banyak lagi yang lain nya.

sumber : http://duniagus.blogspot.com/2008/04/membuat-internet.html







1 comment: